Rkom

Search This Blog

Powered by Blogger.

Cara Pindahkan Chat WhatsApp kalau Kamu #2019GantiHape

Jakarta - Tahun baru, bisa jadi kamu juga berganti ke ponsel anyar. Nah kalau kamu pengusung #2019GantiHape, berikut cara memindahkan chat ...

Jun 8, 2018

Mengatasi open graph blogspot


Beberapa hari ini saya memiliki masalah pada blog-blog saya dalam men-share postingan blog ke facebook dan sosial media lainnya. Mungkin masalah ini sudah berlangsung lama, tapi saya tidak menyadarinya, saya baru tau ketika saya mencoba akan menshare postingan saya ke beberapa grup facebook, namun hasil yang muncul cukup mengagetkan, yang muncul hanya sebuah tulisan link menuju ke postingan saya tersebut.

Akhirnya saya mencari tau lewat Google, banyak sekali cara yang disarankan, mulai dari pasang plugin lalu mengganti tema, dan memperbaiki lewat plugins Yoast SEO. Saya sudah coba semua dan hasilnya tidak memuaskan alias gagal. Sampai pada akhirnya saya menemukan satu cara yaitu memperbaiki kode pada header.php di menu tampilan atau appearance. Berikut ini saya akan bagikan caranya agar teman-teman yang memiliki masalah yang sama dapat selesai masalahnya dan tidak lagi kepikiran sewaktu menshare postingan ke facebook, Google Plus atau sosial media yang lainnya.

Silahkan kalian masuk ke menu Dashboard > Appearance > Editor > header.php

Lalu silahkan masukan kode di bawah ini tepat di atas kode <?php wp_head(); ?>


<?php if (have_posts()):while(have_posts()):the_post(); endwhile; endif;?>
<!– the default values –>
<meta property=”fb:admins” content=”URL PROFIL FB” />
<meta property=”fb:profile_id” content=”URL PAGE FB” />
<meta property=”og:title” content=”<?php single_post_title(”); ?>” />
<meta content=’summary_large_image’ name=’twitter:card’/>
<meta content=’@TWITTER USERNAME’ name=’twitter:creator’/>
<!– if page is content page –>
<?php if (is_single()) { ?>
<meta property=”og:url” content=”<?php the_permalink() ?>”/>
<meta property=”og:description” content=”<?php echo strip_tags(get_the_excerpt($post->ID)); ?>” />
<meta property=”og:type” content=”article” />
<meta property=”og:image” content=”<?php if (function_exists(‘catch_that_image’)) {echo catch_that_image(); }?>” />
<!– if page is others –>
<?php } else { ?>
<meta property=”og:url” content=”<?php echo site_url(); ?>”/>
<meta property=”og:site_name” content=”<?php bloginfo(‘name’); ?>” />
<meta property=”og:description” content=”<?php bloginfo(‘description’); ?>” />
<meta property=”og:type” content=”website” />
<meta property=”og:image” content=”URL LOGO BLOG” />
<?php } ?>


Lalu sesuaikan Url Page Facebook, Url profil facebook, Url logo blog, dan twitter username. Kemudian simpan perubahannya.




Setelah itu kalian dapat mengeceknya kembali lewat Facebook Debugger


Semoga tulisan saya ini dapat membantu teman-teman dalam memecahkan masalah open graph facebook pada blog kalian, dan dapat menshare postingan tulisan kalian ke grup facebook atau sosial media lainnya.

Jika kalian memiliki solusi lainnya atau sulit untuk menerapkannya, silahkan komentar di bawah ini.

Terima Kasih.

0 comments:

Post a Comment