Rkom

Search This Blog

Powered by Blogger.

Cara Pindahkan Chat WhatsApp kalau Kamu #2019GantiHape

Jakarta - Tahun baru, bisa jadi kamu juga berganti ke ponsel anyar. Nah kalau kamu pengusung #2019GantiHape, berikut cara memindahkan chat ...

Jun 12, 2018

Tips membeli laptop bekas


Tips membeli laptop bekas online

Laptop saat ini sudah menjadi kebutuhan dan sepertinya wajib dimiliki oleh siapa saja. Sebagai pendamping dalam melakukan aktivitas, tentu membeli laptop bekas menjadi pilihan utama buat kamu yang memiliki bujet terbatas.

Namun dalam memilih laptop bekas, kamu memerlukan trik khusus untuk mendapatkan barang yang berkualitas. Alih-alih malah mendapatkan barang rusak dengan harga cukup mahal. Makanya berikut Jaka kasih tahu 7 tips membeli laptop bekas biar kamu nggak nyesel


Tips membeli laptop bekas



1. Pilih Penjual Terpercaya dan Responsif

Mencari laptop bekas memang lebih sulit dan tricky dibanding memilih smartphone bekas. Kamu harus lebih jeli dalam memilih penjual laptop bekas yang terpercaya dan punya track record yang bagus. Melihat testimoni pembeli bisa jadi langkah awal kamu guys.

Setelah kamu memilih penjual dan model laptop yang kamu cari, jangan lupa buat menanyakan ketersediaan barang yang kamu incar. Jangan lupa usahakan cari penjual yang responsif dalam membalas pesan dan pertanyaan dari pembeli.


2. Cek Spesifikasi dan Harga Laptop

Sangat penting bagi kamu untuk mengetahui spesifikasi dan harga rata-rata dari laptop bekas yang hendak kamu beli. Bandingkan spesifikasi dan harga yang kamu cari dengan deskripsi yang penjual sertakan dalam penjualan laptop.

Jadilah pembeli yang pintar. Pilih penjual yang menulis deskripsi produk secara jelas, baik itu spesifikasi serta plus dan minus dalam penjualan laptop bekas. Apabila kamu masih kurang paham, jangan ragu buat menanyakannya pada penjual.


3. BERGARANSI

Tips beli laptop bekas berikutnya adalah memastikan Bergaransi,  resikonya harga yang kamu bayar terkadang tidak berbeda jauh dengan harga laptop dengan kondisi baru.


4. Tanyakan Kelengkapan dan Bonus

Selain unit laptop bekas yang masih mulus, kamu juga harus memperhatikan kondisi kelengkapan atau aksesoris lain yang disertakan dalam penjualan. Pastikan semua aksesoris lengkap, seperti adapter charger, tas dan sebagainya.

Jika memungkinkan, tanyakan juga pada penjual apakah ada bonus dalam penjualan laptop bekas. Biasanya penjual laptop bekas akan menyertakan beberapa bonus seperti mouse & Tas laptop


5. Lakukan Pengecekan Kembali

Dengan melakukan Cash On Delivery, kamu dapat melakukan pengecekan secara langsung di hadapan penjual. Cek kondisi fisik seperti layar, tombol, dan port, kelengkapan laptop, serta semua fitur pada laptop bekas berfungsi dengan semestinya.

Bila kamu menemukan bagian yang tidak sesuai dengan deskripsi yang diberikan, coba tanyakan dan diskusikan dengan penjual. Kalau memang kecacatan cukup parah dan tidak bisa dinegosiasikan, barang tidak perlu diterima dan bisa kamu batalkan.


6. Jangan Lupa Beri Ulasan

Terakhir kamu sebaiknya jangan lupa memberikan ulasan terhadap laptop bekas yang telah kamu beli. Untuk melakukannya kamu dapat dengan mudah menggunakan fitur-fitur yang biasanya sudah tersedia di beberapa e-commerce di Indonesia.

Berikan ulasan dengan jujur sesuai dengan kondisi barang, kesesuaian dengan deskprisi serta performa penjual dalam melayani kamu ya guys. Kamu sebagai pembeli senang, penjual laptop juga bakal senang dengan ulasan kamu.


Akhir Kata
Nah itu dia Tips membeli laptop bekas online. Pilihlah laptop bekas dengan spesifikasi dan kondisi yang cukup baik. Jangan lupa sesuaikan dengan budget kamu ya! Punya tambahan lain? Jangan lupa share sama Jaka pada kolom komentar ya!

1 comment: